Kamis, 06 Oktober 2011

sekilas tentang si tampan Jay Chou



Jay Chou


Jay Chou adalah penyanyi, penulis lagu, aktor, sutradara, dan produser film asal Taiwan yang telah memenangkan World Music Award sebanyak empat kali. Ia terkenal karena idealismenya menyusun semua lagu-lagunya sendiri, dan di samping itu juga membuat lagu untuk penyanyi lain. Pada tahun 1998 ia mengikuti sebuah kontes bakat, dan akhirnya berhasil memukai para juri dengan kepiawaiannya bermain piano dan menulis lagu. Selama dua tahun berikutnya, dia dikontrak untuk menulis lagu bagi para penyanyi mandarin terkenal. Meskipun hanya berbekal musik klasik, Chou berhasil menggabungkan gaya musik Cina dan Barat untuk menghasilkan lagu yang meruapakan perpaduan antara R&B, rock, dan pop. Lagu yang ditulis Chou umumnya bertemakan isu-isu aktual seperti kekerasan dalam rumah tangga, perang, dan urbanisasi.

Pada tahun 2000, Chou merilis album pertamanya, berjudul JAY, di bawah label perusahaan rekaman Alfa Music. Sejak itu ia terus merilis minimal satu album per tahun, kecuali pada tahun 2009, dan menjual beberapa juta kopi masing-masing albumnya. Musiknya telah memperoleh pengakuan di seluruh Asia, terutama di daerah seperti Taiwan, Cina, Hong Kong, Jepang, Malaysia, Indonesia, India, Singapura, Thailand, Vietnam dan di komunitas Asia di luar negeri, dan memenangkan lebih dari 20 penghargaan setiap tahun. Dia telah menjual lebih dari 28 juta album di seluruh dunia sampai dengan tahun 2010. 

Ia memulai debutnya karir aktingnya dalam INITIAL D (2005), dimana ia memenangkan Best Newcomer Actor baik di Hong Kong Film Awards dan Golden Horse Awards, dan dinominasikan sebagai Aktor Pendukung Terbaik oleh Hong Kong Film Awards atas perannya dalam film CURSE OF THE GOLDEN FLOWEROCEAN HEAVEN yang dibintangi Jet Li. Karirnya saat ini semakin meluas ke berbagai bidang, termasuk bisnis. Saat ini di memimpin dan menjalankan perusahaan rekamannya sendiri, yaitu JVR Music.



 *** Masa Kecil JAY ***

Jay tumbuh dikota kecil Linkou, Taiwan. Kedua orang tuanya adalah guru. Ibunya bernama Ye Hui Mei, mengajar kesenian sedangkan ayahnya bernama Zhou Yao Zhong mengajar biologi. Jay Chow kecil, tidak pernah bagus dlm sekolah. sehingga membuat ibunya khawatir. Tp Jay sendiri tidak pernah khawatir, dia mengatakan dia memiliki musik untuk mengantungkan hidup. Ibunya memperhatikan bakatnya dibidang musik, sehingga pada usianya 4tahun, membawanya untuk kursus piano. Selama masa kecilnya, Jay sangat suka merekam suara dan musik dgn tape rocorder, ia selalu membawa tape recorder itu kemanapun dia pergi.
Pada kelas 3, Jay sangat tertarik dgn teori musik dan juga mulai belajar cello. Sebagai seorang anak kecil, Jay sangat menikmati menjadi pusat perhatian keluarga, dia suka bermain piano, menirukan aktor tv dan melakukan trik sulap. Orang tuanya bercerai pada saat Jay berusia 14 tahun, sehingga membuat dia menjadi penyendiri dan tertutup. Meskipun ia mempunyai teman, Jay lebih memilih menyendiri mendengarkan musik, merenung dan berkhayal.. Di SMU Dan Jian, Jay memilih musik sebagai mata pelajaran pokok, dan cello sebagai tambahan. Jay menunjukkan bakatnya dalam berimprovisasi, dan mengemari musik pop dan mulai menulis lagu.


*** Masa Remaja JAY ***

Jay lulus dari SMU tp tidak memiliki nilai yg cukup untuk masuk perguruan tinggi. Jadi Jay disiapkan untuk Wajib Militer, yg mana wajib utk anak muda Taiwan berusia 18 tahun. Tp luka akibat olahraga menyebabkan punggung nya menderita 'ankylosing spondylitis' (kayaknya ini sejenis penyakit deh.) membuat Jay dibebaskan dari Wamil. Akhirnya Jay bekerja sebagai pelayan. Tanpa ia ketahui, temannya mendaftarkan Jay untuk mengikuti kontes bakat bernama Super New Talent King. Jay bermain piano bersama temannya yang bernyanyi. Meskipun akhirnya mereka tidak menang, acara yg dipandu Jacky Wu -Salah satu entertainer berpengaruh didunia hiburan Taiwan-menayangkan sekilas nilai lembaran musik Jay dan terkesan dengan kompleksitasnya. Jacky Wu mengkontrak JAY sebagai komposer berpasangan dgn penulis lirik baru bernama Vincent Fang (Fang WenShan).


*** Debut Album Jay ***

Debut album Jay, rilis 2 tahun kemudian yaitu pada tahun 2000 bercorak R&B,rap dan musik klasik. Pada mulanya tidak ada rencana untuk menjadikan JAY sebagai  penyanyi krn mentornya Jacky Wu berpikir Jay tidak terlalu tampan dan pemalu. Kmd Studio Music Wu dijual ke Alfa Music, dan manager baru Yang Jun Rong meminta Jay untuk merilis album..Jay sudah mempunyai segudang lagu yg dia tulis utk penyanyi lain tp ditolak,akhirnya Jay meilih 10 lagu untuk cd debutnya. Albumnya membuat dia mendapat reputasi sebagai seorang penyanyi yg dihadiahi kemampuan musical. Sejak itu, Jay merilis sebuah album setiap tahun nya dan terjual jutaan kopi dan dianugrahi ratusan award.


*** Karir Jay ***

Pada tahun 2003, Jay menjadi cover majalah Time (versi asia), diakui pengaruhnya di bidang musik. Jay telah mengadakan 2 kali tour dunia. Pertama 'The One' (2002) dan "Incomparable" (2004), tampil dibeberapa kota seperti
Taipei, Hong Kong, Beijing, Kuala Lumpur, Singapore, Las Vegas, dan  Vancouver. Tidak seperti penyanyi lain, Jay memiliki keterlibatan yg sangat besar dalam musiknya. Jay tidak hanya sebagai penulis lagu tp dia juga bertindak sebagai produser di semua albumnya.Sejak tahun 2005, Jay juga bertindak sebagai Music Director dan menyutradarai langsung mv (music video) nya.

Sambil terus menelurkan album, Jay juga mulai memasuki bisnis film dgn debut nya sebagai aktor utama di Initial D, mendapatkan penghargaan untuk pendatang terbaru terbaik pada 42nd Golden Horse Award. Tahun berikutnya, Jay berperan sebagai aktor pendukung di film 'The Curse Of the Golden Flower', yang dibintangi juga aktor China berkelas Internasional Chow Yun Fat dan Gong Li, memberi Jay kesempatan untuk dikenal publik Amerika Utara.

Pada Febuari 2007, Jay akhirnya mewujudkan impian masa kecilnya menjadi Sutradara di film 'Secret', dimana Jay juga bermain sebagai pemeran utama. Maret 2007, 8 tahun masa kontraknya berakhir bersama Alfa Music. Jay dengan manager nya dan penulis lirik, bekerjasama mendirikan sebuah perusahaan rekaman baru bernama JVR Music. Yang merupakan singkatan dari nama mereka, Jay, Vincent dan Jun Rong.






sumber :
http://selebriti.kapanlagi.com/chinese/j/jay_chou/
http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php?topic=423.0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar